Sebab Mengapa HP Android Lemot dan Solusinya

Mengapa hp android lemot? apa sebabnya dan bagaimana solusinya?. Beberapa pertanyaan seperti itu mungkin akan timbul bagi sebagian pemilik hp android. Harap diketahui bahwa hp android adalah salah satu jenis hp yang telah ditanamkan sebuah sistem operasi yang memungkinkan kinerja handphone menjadi lambat atau lemot, tidak hanya hp android saja yang dapat mengalami kinerja menjadi lemot, semua hp yang memiliki sistem operasi juga bisa mengalaminya, apa penyebabnya?

Ada banyak hal yang bisa membuat hp android menjadi lemot, beberapa yang paling berpengaruh terhadap kinerja sebuah hp bersistem operasi adalah ketersediaan ruang penyimpanan seperti ROM, RAM atau memori luar, kecepatan prosesor, juga menumpuknya aplikasi yang dipasang.

HP Android

Penyebab hp android lemot

Tidak semua hp android memiliki spesifikasi yang tinggi, banyak hp android kelas bawah yang memiliki speks pas-pasan, biasanya hp ini hanya memiliki RAM disekitaran 128mb. Ukuran memori seperi itu sebenarnya sudah cukup untuk pemakaian standar, tetapi jika hp tersebut banyak memasang aplikasi, persediaan RAM akan semakin mengecil dan ini berdampak kepada kinerja hp secara keseluruhan. Selain pengaruh dari media penyimpanan, hp android juga dipengaruhi oleh sebuah prosesor, semakin baik spesifikasi prosesor yang dimiliki, semakin kencang juga kinerja hp tersebut, juga sebaliknya. Contoh, sebuah hp yang memiliki prosesor dual core, biasanya memiliki kinerja diatas hp yang hanya dibekali oleh prosesor single core. Kecepatan prosesor juga berpengaruh, semakin lambat prosesor yang dimiliki, semakin lemot kinerja yang ditawarkan apalagi jika ditambah aplikasi yang banyak disimpan.

Salah satu info handphone android yang juga perlu diketahui adalah sistem operasi yang dipakai, untuk mendapatkan kinerja yang baik, sebaiknya anda memilih android yang telah dibekali oleh sistem operasi edisi terbaru, jika dimungkinkan, anda bisa mengupgrade os android anda secara manual lewat menu yang tersedia di hp anda.

Sudah tiga poin, kapasitas memori dan aplikasi, kecepatan prosesor, dan juga sistem operasi, lalu bagaimana solusinya? inilah beberapa hal yang perlu anda lakukan supaya hp android anda tidak lemot lagi.

Solusi supaya hp android tidak lemot

- Hanya pasang aplikasi android yang benar-benar dibutuhkan !!
- Jangan menyimpan data berlebihan di memori hp atau kartu memori luar.
- Pastikan setidaknya memori yang tersimpan tidak kurang 15% dari total memori.
- Upgrade sistem operasi android anda
- Buang widget yang tidak perlu di home screen
- Jika tidak perlu, jangan gunakan live wallpaper
- Instal aplikasi booster seperti 1TapBoost
- Bersihkan file sampah, bisa menggunakan aplikasi semisal clean Master.

Jika banyak aplikasi, widget atau program yang dipasang, maka memori untuk kinerja hp android biasanya akan penuh, inilah salah satu hal yang paling penting yang harus anda ketahui, layaknya sebuah komputer yang hanya memiliki memori yang terbatas dan biasanya kinerjanya cukup lambat, maka kinerja hp android pun tidak jauh seperti ini.

Inti dari tips dan trik hp android supaya tidak lemot adalah lihat dan pahami sistem yang ada di hp anda, sesuaikanlah semuanya dengan spesifikasi hp anda, semakin besar memori yang tersedia dan semakin cepat spek dari prosesor, semakin baik pula kinerja hp anda. Rajin-rajinlah melihat kapasitas memori hp android anda, bisa dilihat di menu setting. Ingat, instal program yang benar-benar anda butuhkan, jangan bebani hp anda dengan program yang tidak penting. Semoga beberapa poin solusi di atas bisa membantu kita semua supaya hp android yang kita miliki tidak lemot lagi. Semoga bermanfaat.

info lain : perbedaan hp android dan hp biasa

1 komentar:

Ada pertanyaan sekitar artikel diatas? silahkan berkomentar dengan baik. Untuk mudah berkomentar, pilih [Name/URL], (URL boleh kosong).