Perbedaan HP Android Dengan HP Biasa

Cara mengetahui perbedaan hp android dengan hp biasa itu sangatlah mudah, bahkan sangat mudah bagi seorang pemula sekalipun. Mungkin bagi sebagian orang yang benar-benar awam dalam dunian hp, dan masih belum familiar dengan teknologi handphone yang memiliki sistem operasi, mereka pasti akan bingung, apa sih hp android itu? nah sekaligus untuk mejawab pertanyaan itu, mari kita lihat hal-hal dasar yang membedakan antara hp android dengan hp biasa atau saya lebih senang menyebutnya sebagai hp java saja..

Untuk menambah wawasan kita semua, mari kita lihat beberapa kalimat dari sumber wikipedia tentang apa itu sistem operasi Android dan mengapa hp Android berharga murah? cek disini yah
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. sumber : wikipedia
Masih dari wikipedia, sistem operasi hp android itu bersifat gratis atau open source!!, itulah alasan utama mengapa hp android itu rata-rata berharga lebih murah dari hp yang sekelas dan tidak semahal smartphone dipasaran.Sekarang, untuk memperjelas perbedaan antara android dengan hp biasa, kita lihat perbedaan-perbedaan secara lebih dekat.

Apa perbedaan utama antara hp android dengan hp biasa?

hp android Galaxy Nexus
Hp Android Galaxy Nexus : image - Wikipedia
Banyak hal mengenai kelebihan hp android, selain memiliki sistem operasi layaknya sebuah komputer, hp android juga memiliki kelebihan yang sangat mencolok soal aplikasi yang banyak dan gratis. Dulu kita sering bermain game hp yang hanya berwarna hitam putih atau hanya game kartun yang berwarna, meskipun ada beberapa game 3D untuk hp biasa, tapi itu kurang memuaskan untuk jaman sekarang. Di hp android semuanya lebih baik, kita dapat menemukan banyak aplikasi atau program hp yang gratis atau berbayar hanya dengan sekali klik di Android market atau kini disebut Google Play.

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok antara hp android dan hp biasa adalah soal fitur konektivitas internet. Sebuah hp android biasanya memiliki fitur push mail, chat, automatic update dan lain-lain yang membutuhkan konektivitas internet yang stabil dan mumpuni. Hp android memungkinkan kita menerima pesat chat atau email secara real-time, tidak perlu membuka aplikasi terlebih dahulu layaknya hp biasa, hp android secara otomatis akan menjalankan beberapa aplikasi semisal aplikasi email atau chat di sistem background mereka, jadi ketika pesan masuk ke sebuah sistem hp andoid, sistem android akan menampilkan pemberitahuan melalui suara atau tampilan di layar sang pemilik secara otomatis!!.

Memiliki sistem operasi, banyak aplikasi dan game gratis, layanan internet yang memuaskan, harga murah, apa lagi?

Sebenarnya hanya itu dasar perbedaan hp android dengan hp bisa. Hp biasa (hp java) biasanya hanya memiliki fitur telepon dan SMS saja, meskipun mungkin memiliki fitur game, musik, internet, tetapi saya kira tidak akan semodern dan sebaik fitur di android. Contoh sederhananya adalah dalam menjalankan file video yang berformat FLV, hp biasa jelas tidak akan dapat menjalankannya sedangkan hp android dapat dengan mudah menangani vidio format FLV ini. Contoh lainnya adalah masalah game, apakah anda bisa memainkan game hp android keren dibawah ini di hp biasa?



Apakah anda sedang berencana membeli hp baru dan hp android menjadi salah satu pilihannya? masih bingung pilih handphone yang mana? coba baca artikel ini "tips membeli hp baru". Untuk masalah hp android vs hp biasa, saya lebih memilih hp android untuk masalah hiburan, sedangkan saya pilih hp biasa untuk ketangguhan batere, hp android rata-rata boros batere, jadi tentukan kebutuhan terlebih dahulu. Intinya, perbedaan hp android dan hp biasa ya lihat saja sistem operasinya. Mudah bukan? atau masih bingung? mari diskusi disini.

5 komentar:

  1. apanya yang beda? android juga termasuk smartphone, sama seperti hp windows mobile, Blackberry juga Iphone. Menurut saya, smartphone adalah hp yang memiliki sistem operasi.

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat gan
    ,kunjungi blog gue juga ya
    fachruriarkham17.blogspot.com

    BalasHapus
  3. apa bedanya hp samsung, sony yang menggunakan sistem operasi android dengan hp cina seperti mito, cross, dll yang juga menggunakan sistem operasi android?

    BalasHapus
  4. TERIMA KASIH ADMIN,,, saya jadi ada gambaran tentang apa itu hp android

    BalasHapus

Ada pertanyaan sekitar artikel diatas? silahkan berkomentar dengan baik. Untuk mudah berkomentar, pilih [Name/URL], (URL boleh kosong).