Ada Yang Salah Dengan HP Android Cina/Lokal?

Banyak orang yang memilih hp android branded dari pada hp android lokal atau cina, ini bukan tanpa alasan karena biasanya mereka tidak mengetahui kelebihan dari hp android lokal maupun android dengan label cina. Lalu apakah ada yang salah dengan hp android cina sehingga banyak orang yang tidak mau melirik produk ini?. Harap diketahui bahwa semua produk hp, mau hp merek lokal/cina maupun hp bermerek terkenal biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan, nah disini penulis hanya ingin membahas secara khusus mengapa banyak orang yang ragu terhadap hp bermerek lokal juga cina.


Biasanya, hp android lokal dan cina berharga lebih murah dari pada hp android bermerek semisal hp android dari Samsung, Sony bahkan dari LG. Bisa dimaklumi karena biasanya hp android bermerek juga menjual nama selain dari pada kualitas. Karena masalah harga yang murah inilah biasanya orang merasa ragu untuk membeli hp android buatan lokal/cina, padahal, dengan harga yang lebih murah, mereka bisa mendapatkan hp android canggih yang selevel dengan hp android bermerek yang lebih mahal, ini adalah salah satu faktor mengapa orang ragu untuk melirik android lokal.

hp android lokal/cina

Ambilah contoh dari produk hp android murah Cross A2 diatas, hp android ini memiliki kualitas dan spesifikasi yang wah dengan harga yang sangat nyaman dikantong, ini sebenarnya merupakan salah satu produk yang layak untuk dilirik, dengan spesifikasi layar lebar, prosesor kencang 1GHz juga kamera 5MP, siapapun akan tertarik kecuali yang anti merek lokal/cina. Contoh lainnya adalah produk yang bagus dari Smartfren, Andromax-U. Hp android buatan cina ini memiliki spesifikasi yang sungguh sangat menarik, dibekali oleh prosesor dual core Snapdragon 1,2GHz, memori RAM yang lega sebesar 768 MB, kamera yang mumpuni dengan 8 MP di depan dan 2MP di belakang, anda ditawari produk keren dengan harga dikitaran 1,5 juta saja.

Panulis telah mencoba berbagai merek hp andorid, dari yang branded seperti Samsung Galaxy Mini, Sony Xperia Mini, juga pernah menggunakan Andromax-i, semuanya jika sudah digunakan hampir sama saja, justru yang membedakan adalah kualitas dari speks hp android masing-masing, untuk merek terkenal justru kadang tidak menjadi jaminan bahwa hp itu bagus, begitupun dengan hp android lokal/cina, meskipun berharga murah, sekarang hp cina juga hp lokal memiliki kualitas yang cukup baik apalagi jika memiliki spesifikasi yang tinggi, dijamin akan puas.

Intinya jangan takut dengan produk hp android buatan lokal maupun bermerek cina, karena jika anda pintar memilih, anda akan menemukan hp android dengan kualitas tinggi tetapi harganya tetap bersahabat. Jika anda takut membeli salah satu dari merek hp android tersebut, anda bisa membaca review atau membaca postingan komunitas produk yang akan anda beli. Saya hanya ingin mengingatkan, jika anda ingin membeli hp android, apapun itu mereknya, perhatikanlah harga, spesifikasi juga build qualitynya, hp lokal dan cina pun sekarang sudah bagus-bagus dan tidak kalah dengan hp android bermerek terkenal. Keputusan ada ditangan anda, jika anda punya uang lebih, anda bisa memilih hp bermerek, tetapi jika uang anda pas-pasan, jangan takut untuk membeli hp cina, karena dengan harga direntang 1 juta - 2 juta saja, anda dapat menemukan hp android dengan spesifikasi tinggi serta kualitas yang oke punya. Kekurangan hp android lokal atau cina pun biasanya hanya seputar service center yang kurang, kualitas yang sedikit dibawah android bermerek (relatif), serta kurangnya informasi mengenai update android terbaru untuk hp mereka. Selamat memilih.

9 komentar:

  1. awalnya sy jg berpikiran spt iti. bahkan.s/d saat ini sy msh beli hp lokal/china. tp ternyata kualitasnya memang beda. Semua hp/tablet china saya ga ada yg awet. Sy pernah beli Taxco, Cyrus, B-Star, Smartfren Andromax-i, Smart Xtream, Huawei, Imo, HP Esia, semuanya rusak bahkan bbrapa mati total. beda sama hp samsung galaxy y saya yg sudah jatuh puluhan kali (bbrp kali dibanting sm anak saya). Alhamdulillah sampe sekarang masih bisa sy gunakan.

    BalasHapus
  2. halo kak/mas,setelah baca blognya saya jadi berpikir lebih jernih megenai hp lokal...tapi sampai sekarang masih bigngung dan ragu dengan kualitas hpnya... kebetulan ada 3 hp cina/lokal yang lagi saya lirik yaitu IMO S89 Miracle , Cyrus Cherry dan Smartfren Andromax V(yang ini dengar" buatanny ZTE)..kira" lebih baik pilih yang mana??
    dan menurut mas/kakak dgn budget sktr 4jt lebih baik bli hp lokal atau branded??

    BalasHapus
  3. Ya justru harga hape merk terkenal mahal, krn infrastrukturnya lengkap, contoh: service center mudah dijangkau otomatis parepart gmpang dicari
    Dbanding hape cina, harga cuma selisih dikit, giliran rusak ribet beneriinnya

    BalasHapus
  4. Artikel bilang bahwa orang eropah dan amerika membeli hape justru berdasarkan spek bukan nama. sebagai contoh hape Huawey yg jelas jelas berlebel china bahkan bisa diterima dan disukai oleh masyarakat disana.

    saya sendiri dulunya adalah penggemar hape brannded dan saya bangga memakai hape bermerk terkenal. tetapi setelah booming android saya mulai beralih pada hape lokal yg dgn harga murah tapi bisa sehebat hape ternama.
    sebagai contoh hp IMO MIRACLE S89 yg dibandrol 1,9 juta bahkan mampu menawarkan kinerja sehebat Samsung Galaxi S3.

    BalasHapus
  5. hp merk cina yg bagus apa gan

    BalasHapus
  6. ahhh kalo rusak gak ada servis senter. itu malasnya beli merek LOkal.

    BalasHapus
  7. mas kalo mau cari yg hp cina, merk apa ya yg selevel dgn samsung galaxy note gt 7000. artinya yg game atau aplikasi seperti di samsung note juga bisa diterapkan di hp cina tsb..thx

    BalasHapus

Ada pertanyaan sekitar artikel diatas? silahkan berkomentar dengan baik. Untuk mudah berkomentar, pilih [Name/URL], (URL boleh kosong).